Blog, apa dan bagaimana cara membuatnya !!

Blog adalah kependekan dari Weblog, yaitu website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi hyperlink-hyperlink ke website lain yang anggap menarik disertai dengan komentar-komentar pembuat blog.
Blog kemudian berkembang menjadi bentuk sesuai dengan keinginan para pembuatnya atau para Blogger.

Blog yang pada mulanya merupakan catatan perjalanan seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar cerdas mereka,pendapat-pendapat pribadi, bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.


Media Blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para blogger tersebut.


Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program-program media dan korporasi. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.


Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.


Biasanya semakin lama seseorang nge-blog. list links teman-teman Bloggernya akan semakin panjang. Dan sebuah blog yang trafficnya ramai biasanya akan terlihat juga dari banyaknya komen dalam mengomentari sebuah postingan. Hal lain yang cukup menarik dalam nge-Blog adalah adanya silaturahmi secara tidak langsung.


Pernah dengar istilah Blogwalking? Seorang Blogger A mengunjungi blog B,C, D, dstnya dan meninggalkan pesan di setiap blog — baik di shoutbox maupun mengomentari post. Biasanya “kunjungan” A ini akan dibalas oleh B, C, D, dengan mnegunjungi blog A dan melakukan hal yang sama.
Umumnya blog yang paling ramai adalah yang :
1. Pemiliknya rajin blogwalking.
2. Isi postingannya bermanfaat misalnya menampilan tips dan tricks atau info lainnya yang sering dicari.
3. Isi postingannya sangat “reality show” alias jujur dalam menceritakan kejadian sehari-hari sang pemilik – baik funmaupun sedikit pedih.


Tahapan membuat blog hampir sama dengan membuat email. Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke website yang memberikan fasilitas pembuatan blog. Misalnya : blogger.com, multiply.com, wordpress.com dan masih banyak lagi.


Setelah itu, kita harus mendaftarkan data-data diri kita. Setelah selesai biasanya kita disuruh untuk memasukkan kode verifikasi yang telah diberikan. Nah, setelah kode verifikasi diterima maka selesai sudah tahapan membuat blog. Yang perlu diingat adalah usahakan membuat user-id atau nama blog seunik mungkin hal ini untuk menghindari nama yang kita daftarkan sudah dimiliki oleh orang lain.


Tahapan berikutnya tinggal mengupload atau meletakkan file-file atau tulisan-tulisan yang ingin ditampilkan ke blog yang sudah dibuat. Jenis file yang bisa diupload sangat banyak. Kita bisa mengupload file dokumen, foto, video dan masih banyak lagi, tergantung dari website yang memberikan fasilitas membuat blog tersebut. Mudah bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proklamasi

Leo Sayer - More Than I Can Say

a letter to my friends