Install Ubuntu Server

Pada sesi ini penulis ingin berbagi dan share ke teman dan saudara - saudara sekalian yang ingin belajar menginstal linux ubuntu server 8.04 mudah – mudahan bisa berguna, bagi yang sudah pernah menginsatal dan sudah lebih paham dari si penulis mohon dikoreksi jika ada kesalahan dalam penulisan artikel yang saya buat, namanya juga manusia pasti ada salahnya….kwkwkw…

Ok lanjut ke topic sesungguhnya, pertama – tama kita siapkan amunisi perangnya terlebih dahulu.Soal yang satu ini bisa disesuaiakan oleh budget atau isi kantong masing, kebetulan OS ini saya install dengan spesifikasi PC sbb :

1. Procesor Core 2

2. Hardisk 250 Gb

3. Ram 2 Giga

4. 1 buah lancard eksternal

5. 1 buah dvd or cd operating system ubuntu server 8.04 anda bisa dapatkan

Di toko2 terdekat di kota anda..kwkwkw..atau download di “ http://www.ubuntu-id.org/ubuntu/download “ mantaf to...

6. kemudian ditambahkan 1 gelas kopi, rokok secukupnya dan juga disambi FBan, kwkwkw…yang ini terserah anda mau ikutan apa tidak…he3x…

Kemudian silahkan booting CD anda ke dalam PC.

Lalu ikuti langkah2 berikut :

1. Pilih screen awal tampilan pilih bahasa yang anda inginkan : misal English lalu klik Enter. Pilih bahasa yang akan anda pakai. Bahasa Indonesia pun tersedia.

2. Kemudian pilih menu “Install Ubuntu”, dan klik Enter.

3. Maka proses installing akan dimulai. Data-data yang diperlukan akan disimpan di RAM.

4. Masukkan lokasi atau daerah anda, termasuk waktu yang akan anda gunakan untuk server anda. Misal : Bankok, Hanoi dan Jakarta.

5. Pilih layout keyboard anda, dan coba masukkan beberapa karakter untuk mengetest apakah keyboard anda sudah benar apa belum. Misal : USA.

6. Tahap selanjutnya adalah melakukan partisi harddisk. Partisi harddisk ini sangat mudah, tetapi harus ekstra hati-hati. Karena sekali kita merubah partisi maka data yang ada di dalam akan terhapus.
Ada tiga pilihan untuk partisi harddisk, adalah sebagai berikut :
1. Apabila anda ingin tetap memakai OS yang ada sekarang, misalnya ingin dual boot dengan Windows XP, maka pilih option pertama, yaitu “Guided - resize the partition and use the freed space”.
2. Apabila ingin hanya memakai Ubuntu di komputer anda, dan menghapus data yang ada di harddisk, maka pilih option kedua, yaitu “Guided - use entire disk”.
3. Anda pun dapat memilih option, “Manual” apabila pilihan pertama dan kedua.tidak ada di dalam rencana anda. Tentunya anda diharapkan sudah memiliki pengetahuan tentang partisi dan server.

7. Sisa space harddisk buat sebagai swap memori. Biasanya adalah duakali besar memori anda. Kalau anda punya 512Mb maka swap anda adalah 1024Mb.
Setiap anda merubah partisi, misalnya menghapus, mengganti besarnya, maka isi atau data partisi akan terhapus.
Langkah berikutnya adalah membuat user untuk dapat login ke Ubuntu. Masukkan nama dan password anda, jangan lupa untuk selalu mengingatnya.

8. Masukkan Id dan password untuk login ketika anda selesai install Ubuntu.

9. Apabila anda tidak ada kesulitan atau error, maka anda siap-siap untuk menginstall Ubuntu.

10. Note : jangan lupa memilih salah satu aplikasi yang diperlukan, misal : open-ssh server.

11. Install Ubuntu 8.04 (Hardy Heron) operating system sedang dalam proses, dalam tahap ini proses install sedang berjalan.

12. Sekitar 15 menitan, instalasi akan selesai dan PC anda siap menjadi PC dengan OS Linux dengan direstart.

Silahkan dicoba dan dinikmati tulisan yang tak berarti ini...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proklamasi

Leo Sayer - More Than I Can Say

a letter to my friends